Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mendapatkan bansos BLT ibu hamil dan balita Rp 6 juta tahun 2021


kriteria penerima dan cara mengurus blt pkh ibu hamil dan balita

BLT PKH ibu hamil dan balita

Cara mengurus dan kriteria penerima bantuan bansos BLT Program Keluarga Harapan (PKH) untuk ibu hamil dan balita Rp 6 juta dari pemerintah

Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk ibu hamil dan balita diberikan lewat program keluarga harapan (PKH). Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 28,7 triliun untuk menyalurkan bantuan PKH.

Bantuan BLT akan diserahkan kepada kelompok penerima manfaat per tahun. Dengan rincian untuk kategori ibu hamil atau nifas sebesar Rp 3 juta, anak usia dini 0-6 tahun sebesar Rp 3 juta, 

Bantuan tersebut akan diberikan dalam empat tahap, yakni pada Januari, April, Juli, dan Oktober 2021.

Pemerintah akan menyalurkan dana itu melalui bank plat merah, yakni PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN.

Syarat mendapatkan BLT untuk ibu hamil dan balita

Ada beberapa persyaratan bagi penerima bantuan untuk ibu hamil, balita, dan juga penerima PKH lain. Berikut syarat selengkapnya:

  1. Masuk dalam kategori keluarga miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin.
  2. Keluarga tersebut harus memiliki komponen anggota keluarga yang masuk dalam penerima bantuan yakni ibu hamil, penyandang disabilitas, lansia, anak sekolah dan sebagainya. Apabila dalam satu keluarga terdapat ibu hamil, pelajar, lansia atau disabilitas, maka bantuan dibatasi maksimal 4 orang dalam satu keluarga. Sedangkan jika dalam satu keluarga ada banyak anak dengan kategori usia berbeda, maka yang didahulukan anak usia dini.

Cara mendapatkan BLT ibu hamil dan balita

Berikut cara mendapatkan BLT ibu hamil dan balita yang bisa kamu perhatikan.

  1. Memiliki Kartu Perlindungan Sosial.
  2. Jika belum memiliki kartu KPS, dapat melakukan pengajuan permohonan kepada RT/RW dan kemudian disampaikan ke kelurahan.
  3. Jika layak mendapatkan dana bantuan, selanjutkan Kepala Desa akan melaporkan ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.
  4. Selanjutnya, kamu bisa mengambil hak sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan pemerintah.


Post a Comment for "Cara mendapatkan bansos BLT ibu hamil dan balita Rp 6 juta tahun 2021"