Penyebab dan Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Tidak Memicu Bayi Lahir Prematur

Kelahiran bayi prematur sangat tidak diinginkan. Tetapi jika terjadi, itu sudah menjadi kehendak Tuhan, sebagai manusia kita tidak bisa menolak. Namun sebelum hal itu terjadi, sebagai manusia, tentu kita harus berusaha mencari tahu dan ilmu apa yang menyebabkan bayi lahir prematur, untuk bahan kita belajar menjaga janin ketika kita diberikan kepercayaan memiliki anak.

Penyebab dan Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Tidak Memicu Bayi Lahir Prematur

Penyebab bayi prematur


Bayi lahir prematur disebabkan oleh:

1. Riwayat hamil. Memiliki riwayat kehamilan, seperti hamil anggur atau hamil ektopik memungkinkan resiko bayi lahir prematur.

2. Memiliki penyakit. Ibu hamil yang memiliki penyakit seperti diabetes, gangguan ginjal, memiliki resiko bayi lahir prematur.

3. Infeksi saluran kemih. Adanya infeksi saluran kemih, suatu daerah yang berdekatan dengan rahim, akan memicu kelahiran prematur.

4. Masalah pada plasenta. Adanya masalah pada plasenta, seperti plasenta previa, yaitu plasenta yang berada pada posisi dekat dengan jalan lahir dan solusio plasenta yaitu plasenta terlepas mengakibatkan bayi lahir prematur.

5. Mengalami trauma psikis. Ibu hamil yang selalu stress atau depresi memiliki resiko melahirkan prematur.

6. Usia Ibu hamil. Jika ibu hamil kurang dari 17 tahun, kondisi rahim yang belum siap menerima atau adanya pertumbuhan bayi menimbulkan resiko prematur, begitu juga dengan ibu hamil yang berusia diatas 35. Usia diatas 35 tahun ini kondisi rahim yang mulai melemah membuat Ibu hamil rentan terhadap melahirkan bayi prematur.

Cara mencegah bayi lahir prematur


Hindari kebiasaan yang kadang dilakukan ibu hamil ini yang bisa memicu munculnya bayi lahir prematur untuk mencegah bayi lahir prematur;

1. Aktivitas berlebih. Pada ibu hamil yang memiliki “lemah kandungan” melakukan aktivitas harus diperhatikan. Misalnya, menggendarai motor terlalu sering apalagi pada jalan yang bergelombang dan tidak rata menjadi pemicu bayi lahir prematur.

2. Merokok. Di dalam rokok ada zat yang dapat menjadi racun untuk janin. Racun ini membuat janin tidak berkembang dan membuat janin lahir sebelum waktunya.

3. Mengkonsumsi alkohol dan obat terlarang. Dua hal ini sama halnya dengan merokok merupakan racun untuk janin. Adaya dua hal ini membuat janin tidak berkembang dengan baik, sehingga kemungkinan lahir sebelum waktunya (bayi prematur)

Itulah penyebab dan kebiasaan yang dilakukan ibu hamil yang memicu bayi lahir prematur. Semoga menambah wawasan.

No comments for "Penyebab dan Kebiasaan yang Harus Dihindari Agar Tidak Memicu Bayi Lahir Prematur"